Sengon

Bagian manfaat yang paling besar dari pohon sengon adalah batang kayunya. Dengan harga yang bagus saat ini sengon banyak diusahakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu olahan berupa papan dengan ukuran tertentu sebagai bahan baku pembuat peti, papan penyekat, industri korek api, pensil, papan artikel, dan ada juga yang pakai untuk industri meubel.

Tanaman sengon memiliki jenis bunga yang berkelamin ganda. Mahkota bunga berbentuk lonceng dan memiliki benang sari yang banyak serta kepala sari yang sangat kecil. Tanaman sengon terkadang mulai berbunga sejak umur tiga tahun. Biasanya tanaman sengon berbunga pada bulan Maret—Juni dan Oktober—Desember.
Sengon memiliki buah berbentuk polong yang lurus, retak di sepanjang kedua sisinya, dan berisi banyak biji. Ketika masih muda, biji berwarna hijau dan ketika sudah tua berwarna cokelat tua kekuningan. Biji sengon berbentuk pipih dengan kulit tebal, tidak bersayap, tanpa endosperma dengan panjang 6—7 mm dan lebar 3–4 mm. Pada bagian tengah terdapat garis melingkar berwarna hijau atau cokelat. Buah polong sengon matang sekitardua bulan setelah pembungaan dan ketika matang, polong terbuka dan biji akan terpancar ke atas tanah. Biji sengon termasuk jenis biji yang ortodoks. Biji sengon dapat bertahan sampai 1,5 tahun apabila disimpan pada suhu 4—8° C dan dengan kadar air 8%. Selama penyimpanan, biji sebaiknya dimasukkan ke dalam kantong plastik kedap udara.
 Sengon
 

Bisnis Sengon dan Kebebasan Finansial

Sejujurnya, saya pengagum berat Robert T Kiyosaki. Dengan pandangannya soal Investasi, membangun aset dan bebas finansial, telah menginspirasi jutaan orang untuk melakukan sesuatu yang sangat berarti dalam hidupnya. Terutama untuk,”Menjinakkan dan Menaklukkan uang.”

Kiyosasi menyatakan sebagian besar orang saat ini ‘Bekerja untuk mendapat Uang.’ Dengan membangun aset, menurut Kiyosasi, paradigma itu bisa diubah menjadi,”Uang bekerja untuk kita.”

Pertanyaannya, formula bisnis apa yang bisa menjadikan “Uang bekerja untuk kita?” Jawabannya ada dua; Bisnis Properti dan Bisnis Budidaya Sengon

 Sengon

kebun sengon umur 2 tahun

Tiap kali saya mengingat Properti, yang saya ingat bukan pemain-pemain besar properti seperti Ciputra, tapi saya mengingat Mang Jaket, seorang calo tanah yang beroperasi di sekitar lahan perkebunan saya. Setelah 15 tahun menjadi calo, dari hasil fee yang dia peroleh, sekarang Mang Jaket punya 12 pintu kos-kosan, dan lahan perkebunan Sengon 4 hektare.

Ketika saya tanya kenapa bisnis kos-kosan, Mang Jaket menjawab,” Saya ingin saat terlelap tidurpun tetap bisa mendapat uang dari kos-kosan itu.”

Lalu bagaimana menjadikan bisnis Sengon sebagai aset yang bekerja siang malam mendatangkan uang? Begini caranya;

Sengon adalah bisnis kayu yang umurnya paling pendek. Kita bisa memanennya mulai tahun ke-3, tahun ke-4 dan tebang habis pada tahun ke-5.

Tanamlah Sengon setiap tahun, jangan tanam Sengon sekaligus. Penjelasannya begini; Kalau kita mempunyai lahan 10 ha, maka bagilah luasan lahan itu dalam 5 tahun. Jadi kita menanam per tahun 2 ha, terus sampai tahun ke 5.

Pada tahun ke enam dan seterusnya kita akan terus panen Sengon. Karena pada tahun ke-6, kita akan memanen lahan Sengon yang kita tanam pada tahun ke-1. Pada tahun ke-7, kita akan memanen Sengon yang kita tanam pada tahun ke-2, dan seterusnya.

Sistem ini akan menyebabkan, pola bisnis Sengon kita akan menjadi mesin uang yang canggih dan produktif. Bisnis Sengon dengan karakternya yang unik terbukti bisa menjadikan “Uang atau aset bekerja untuk kita.” Bisa pensiun muda dan bebas finansial.

Selamat mencoba

CONTOH BIBIT SENGON SIAP TANAM

 Sengon

Bibit sengon 40cm-60cm siap tanam

 

 Sengon

pembibitan sengon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

3,083 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>